Diberdayakan oleh Blogger.
 

Hati Mulia (Kisah Inspiratif)

Comments
Pada masa kecil saya bercita-cita menjadi seorang yang mulia, sedangkan pada saat itu apa arti kata “mulia” saya tidak benar-benar memahaminya.

Saya awalnya beranggapan jika seseorang tidak melakukan perbuatan jahat, selalu melakukan hal-hal yang baik dan itu berarti seorang yang mulia.

Setelah menginjak dewasa saya secara bertahap mengerti apa artinya “mulia”bukan saja berarti bahwa kita di dunia ini melakukan berapa banyak kebaikan, tetapi juga berarti kita tidak peduli kepada kejahatan yang dilakukan orang lain terhadap kita, tidak menyimpan dendam dihati.

Mulia juga berarti memiliki sifat toleran, membantu musuh kita yang menghadapi kesulitan dan bahaya.  Orang yang dapat berbuat demikian adalah benar-benar seorang yang mulia.

Dahulu ada seorang pedagang yang sangat kaya, ketika dia sudah tua, dia memutuskan akan mewariskan hartanya kepada ketiga putranya. Sebelum dia mewariskan hartanya, ketiga putranya diminta harus pergi berkelana.

Menjelang keberangkatan putranya, pedagang itu berpesan kepada putrnya, “Setahun lagi kalian pulang ke sini, laporkan kepada saya selama setahun ini hal yang paling mulia yang telah kalian lakukan. Saya tidak ingin membagi warisan sehingga terpecah, hanya dengan cara ini generasi kita yang seterusnya akan tetap menjadi kaya, setahun kemudian, hanya orang yang dapat melakukan hal yang paling mulia yang dapat memiliki seluruh warisan saya,” kata pedagang itu.

Setahun kemudian, ketiga putranya kembali kerumah. Putra sulung yang terlebih dahulu melapor mengatakan, “Ketika saya berkelana, saya bertemu dengan seorang asing, dia sangat mempercayai saya, dia memberikan sekantong emas menyuruh saya menyimpannya. Akhirnya karena sakit dia meninggal dunia, saya menyerahkan sekantong emas ini tanpa dibuka kepada keluarganya,” ujarnya kepada ayahanya.

Ayahnya mengevaluasinya dan berkata, “Anakku, engkau berbuat sangat baik!, tetapi bersifat jujur adalah sifat dasar moral yang memang harus engkau miliki. Tidak dapat disebut sebagai hal yang mulia.”

Putra kedua mulai bercerita, “Ketika saya berkelana, saya sampai disebuah perkampungan yang sangat miskin, saya melihat seorang anak kecil terjatuh kedalam sungai, saya segera turun dari kuda, tanpa memperhatikan keselamatan saya sendiri menyelamatkan anak kecil tersebut”.

Mendengar cerita putra keduanya, pedagang itu memujinya dan berujar, “Anakku, engkau luar biasa! Tetapi menyelamatkan orang memang sudah menjadi kewajibanmu, hal ini tidak dapat disebut sebagai hal yang mulia.”

Terakhir putra bungsunya berkata, “Saya mempunyai seorang musuh, dia selalu mencari berbagai upaya mencelakakan saya. Beberapa kali saya hampir mati di tangannya. Pada suatu hari ditengah malam, saya sendiri mengendarai kuda saya melewati sebuah jurang, saya melihat musuh saya tertidur di bawah pohon di tepi jurang, saya hanya dengan perlahan mendorongnya maka dia akan terjatuh kedalam jurang, tetapi saya tidak melakukannya, saya membangunkannya, menyuruhnya melanjutkan perjalanannya. Saya rasa hal ini bukan sesuatu hal yang patut dibanggakan….,”ceritanya dengan sangsi.

Ayahnya kemudian dengan serius berkata, “Anakku, dapat membantu musuh kita, adalah sebuah hal yang paling mulia dan paling sakral, engkau telah melakukannya dengan baik, saya akan menyerahkan seluruh warisan saya kepadamu.”

Benar, selalu melakukan hal-hal yang baik dapat disebut sebagai orang baik, tetapi bukan merupakan hal yang paling mulia di dunia ini. Sedangkan membalas kejahatan dengan kebaikan adalah suatu sifat yang mulia, berbalikan dengan kejahatan dibalas dengan kejahatan. Hati yang baik mampu mencairkan dendam dari musuh. (hui/asr)

Sumber: http://erabaru.net/kehidupan/41-cermin-kehidupan/29657-hati-mulia

 
Kyd The Phantom © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

Kyd The Phantom Will Never Be Discovered