Diberdayakan oleh Blogger.
 

Membuat Hotspot Sendiri Dengan WiFi Laptop

Comments
Saat ini, hotspot sedang marak-maraknya di fasilitas umum, baik di supermarket, hotel, sekolah, rumah sakit, bahkan di bus. Kemajuan teknologi internet memang begitu pesat, sehingga kita sendiri ingin mendapatkan fasilitas tersebut melalui hotspot yang ada. Bagi anda yang memiliki laptop atau smartphone seperti blackberry, android, bahkan iPhone, dan gadget-gadget lain yang memiliki fasilitas WiFi, pasti ingin memanfaatkan hotspot untuk berselancar di internet (selain menggunakan pulsa HP yang bisa terbilang mahal).

Nah, sekarang saya akan memberikan tips dan trik untuk membuat hotspot sendiri lewat WiFi laptop, sehingga koneksi internet yang ada pada laptop anda dapat dibagi dengan laptop atau gadget lain yang membutuhkan koneksi WiFi, jadi anda tidak usah pergi ke fasilitas-fasilitas umum penyedia hotspot lagi.

Cara kerjanya cukup simple, anda hanya perlu "sharing" atau membagikan koneksi internet anda, misalnya melalui Modem CDMA/GSM, atau semacam Telkom Speedy. Ok, untuk lebih jelas, silahkan ikuti beberapa tips di bawah ini.

Cara I: Menggunakan WiFi Ad-Hoc (Pengguna Windows 7)

Cara Ad-Hoc ini sebenarnya tidak hanya dapat digunakan pada Windows 7, Pengguna Windows XP dan Vista juga memiliki cara tersendiri, namun di sini saya hanya akan menerangkan bagi pengguna Windows 7.

Pertama, anda buka Control Panel, kemudian klik Network and Sharing Center, kemudian klik Change Adapter Settings, lalu klik kanan pada Modem, atau koneksi LAN yang akan dibagikan koneksi internetnya, klik Properties, klik tab Sharing, centang Allow other network users to connect through this computer's internet connection, dan klik Select a private network connection, pilih Wireless Network Connection.

Agar lebih jelas, lihat gambar (klik untuk memperbesar):

Langkah I

Langkah II


Kedua, kembali lagi ke Network and Sharing Center, kemudian klik Set up a new connection or network, lalu klik Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network, klik next, next, ketik nama koneksi, tipe security dan password (bila diisi), centang save this network jika ingin menyimpan setting ad hoc nya, kemudian klik next lagi, lalu tunggu prosesnya.

Ingat, jika ingin mengaktifkan ad hoc, anda harus connect sendiri dengan access pointnya, agar dia menunggu user yang akan terkoneksi ke laptop anda, jika tidak, maka network ad hoc yang telah dibuat tidak akan dapat di cari.

Agar lebih jelas, lihat gambar (klik untuk memperbesar):

Langkah I

Langkah II

Langkah III

Cara di atas itu sangat berfungsi untuk membagikan koneksi internet melalui WiFi antara Laptop dengan Laptop, sedangkan tidak terlalu optimal untuk gadget lain.

Cara II: Menggunakan Software Hotspot Virtual

Nah, dengan menggunakan cara ini, kita bisa dengan mudah membuat hotspot, karena kita hanya tinggal menginstall software ini, dan melakukan beberapa konfigurasi.

Software pertama adalah, Connectify Pro 3.2.0.22201 Full With Patch, di mana software ini sangat populer dan sangat mudah di gunakan. Untuk Download silahkan klik di bawah. Informasi lengkap, silahkan kunjungi Situs Connectify.

Free Download Connectify Pro 3.2.0.22201 Full With Patch

Selain Connectify Pro, ada juga freeware lain untuk menciptakan, membangun atau membuat sebuah hotspot, berikut adalah daftar dari freeware tersebut:

Software pertama selain Connectify adalah, Virtual Wifi Router, software ini bersifat gratis dan portable, sehingga tidak dibutuhkan instalasi untuk menggunakannya. Untuk download, silahkan klik di bawah. Informasi lengkap, silahkan kunjungi Situs Virtual Wifi Router.

Free Download Virtual Wifi Router

Kedua, ada freeware bernama Virtual Router, memang namanya agak mirip dengan yang di atas, namun freeware ini berbeda dengan yang di atas, karena Virtual Router ini perlu di install sebelum menggunakannya. Untuk download, silahkan klik di bawah. Informasi lengkap, silahkan kunjungi Situs Virtual Router.

Free Download Virtual Router

Ketiga, ada juga freeware yang fungsinya sama dan berbentuk portable seperti freeware pertama, namanya adalah MyRouter. Untuk download, silahkan klik di bawah. Informasi lengkap, silahkan kunjungi Situs MyRouter.

Free Download MyRouter

Semua software di atas sangat mudah untuk dikonfigurasi, dan rata-rata cara konfigurasinya sama di antara software-software tersebut. Jadi jangan khawatir, anda pasti bisa menggunakannya.

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat bagi kalian, khususnya para newbie. Bagi para master, bisa mengirimkan kritik dan saran di kotak komentar, terima kasih.

 
Kyd The Phantom © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

Kyd The Phantom Will Never Be Discovered