Diberdayakan oleh Blogger.
 

Bulan Purnama Terbesar Pada Tahun Ini

Comments
Terang bulan
Terang bulan di kali
Buaya timbul disangkalah mati
Jangan percaya mulutnya lelaki
Berani sumpah 'tapi takut mati

.......................................

Itulah sekelumit lagu terang bulan yang pernah menjadi polemik tentang keabsahan hak cipta lagu antara Indonesia dan Malaysia.

Lirik lagu kebangsaan Malaysia "Negaraku" menyerupai lagu terang bulan. Usut punya usut lagu itu ternyata sama-sama diadopsi dari lagu populer Prancis "La Rosalie", pada akhir abad 19 silam.

Bukan itu yang dibahas, untuk malam ini lagu terang bulan boleh jadi menjadi sebuah kenyataan. Malam ini, Sabtu (5/5) bertepatan dengan datangnya Supermoon atau bulan purnama penuh.  Jarak bulan dengan bumi akan terlihat lebih dekat.

Melansir dari Asociated Press, Supermoon kali ini merupakan bulan purnama terbesar dan paling terang sepanjan 2012 ini. Bulan akan mencapai sekitar 221.802 mil (356.955 kilometer) dari Bumi pukul 11.35 waktu setempat. Jarak itu sekitar 15.300 mil lebih dekat dari rata-rata.

Geoff Chester dari US Naval Observatory mengatakan Supermoon ini akan membawa air pasang yang sangat tinggi karena kedekatan dan keselarasan dengan matahari dan bumi, tetapi efeknya akan lebih sederhana.

Bulan purnama mulai bisa disaksikan Sabtu malam ini dan akan mencapai puncaknya dengan bumi Minggu (6/5) pukul 10.34 WIB. Pemandangan indah  ini akan  terus terlihat hingga Minggu malam.(ap/asr)

Sumber: http://erabaru.net/top-news/37-news2/30279-bulan-purnama-terbesar-pada-tahun-ini

 
Kyd The Phantom © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

Kyd The Phantom Will Never Be Discovered