Diberdayakan oleh Blogger.
 

Status Sosial Eksis Sejak Zaman Batu

Comments
Arkeolog Eropa telah menemukan bukti bahwa para petani pada awal Neolitik memiliki akses berbeda atas lahan subur lebih dari 7.000 tahun lalu.

Para peneliti mengkaji lebih dari 300 kerangka yang dikumpulkan dari penggalian hingga Eropa tengah. Mereka menggunakan analisis isotop strontium untuk menentukan di mana asal orang- orang itu dan menemukan variabilitas berdasarkan pada alat dan akses lahan.

Orang-orang yang telah dikubur dengan adzes-peralatan dari batu mirip dengan kapak untuk membentuk kayu-memiliki tanda tangan isotop kurang bervariasi ketimbang mereka yang dikubur tanpa adze.

"Para pria yang dikuburkan dengan adzes tampaknya telah tinggal pada area subur dan produktif yang disukai petani di jaman awal," jelas ketua tim Alex Bentley di Universitas Inggris dari Bristol dalam siaran pers.

"Hal ini menunjukkan bahwa mereka memiliki akses tetap atas wilayah pertanian yang lebih disukai."

Tim juga menemukan bahwa wanitanya lebih mungkin berasal dari wilayah yang berbeda dari tempat mereka dimakamkan, hal ini menunjukkan patrilocality-sistem sosial di mana perempuan pindah ke wilayah suami mereka.

Bukti eksisnya patrilocality pada Zaman Batu Eropa termasuk temuan genetik dan linguistik. Pola-pola mobilitas berdasarkan jenis kelamin dan status dapat membantu para ilmuwan untuk secara genetik memperluas model dari populasi manusia selama era ini.

"Hasil kami, bersama dengan sejumlah studi archaeobotanical yang menunjukkan petani paling awal di jaman Neolitik Jerman memiliki sistem kepemilikan lahan, menunjukkan bahwa asal-usul perbedaan akses terhadap tanah dapat ditelusuri kembali ke bagian awal era Neolitik. Ketidaksetaraan dan transfer kekayaan antar generasi lebih jelas dibuktikan dalam material penguburan dan budaya," kata Bentley.

"Tampaknya era Neolitik telah memperkenalkan warisan properti (tanah dan ternak) ke Eropa dan ketidaksetaraan kekayaan masih berlangsung hingga saat ini."

"Setelah itu, tentu saja, tidak ada yang melihat ke belakang: seperti Jaman Perunggu, Besi dan era Industri ketidaksetaraan kekayaan meningkat namun 'benih' ketidaksetaraan menaburkan jalan kembali ke Jaman Neolitik."

Temuan ini dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences. (EpochTimes/sua)

Sumber: http://erabaru.net/top-news/40-news5/30556-status-sosial-eksis-sejak-zaman-batu

 
Kyd The Phantom © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

Kyd The Phantom Will Never Be Discovered